Epilog.

Sudah berapa lama tidak berbagi?

“Dari hal yang berbeda-beda, dicampur menjadi satu, dilipat, digoreng, ditiriskan, dipotong, dan disajikan. Setelahnya, dinikmati bersama-sama sambil berbagai masing-masing dunia.”

Melalui tulisan ini, saya sebagai salah satu pengisi blog yang tidak ramai-ramai dan tidak terlalu fancy ini ingin mengucapkan selamat berjumpa kembali di lain kesempatan. Iya, saya memulai untuk berhenti menulis di Martabakasin.

Martabakasin telah menjadi wadah yang sangat menyenangkan bagi saya, salah satu wadah yang mengenalkan saya pada kegiatan menulis. Lebih jauh lagi, mengenalkan saya tentang orang seperti apa saya, dalam dunia tulis-menulis, juga dalam dunia manusia-memanusia. Namun, ada beberapa hal yang membuat saya harus menghabiskan potongan martabak terakhir saya.

Saya ingin berterima kasih kepada dua orang sahabat yang telah rela mengajak saya dan menginisiasi untuk membuat coretan isi hatinya di ruang kolektif ini, sama seperti menikmati sekotak martabak asin yang menjadi wadah bertukar pikir satu sama lain dari alam kehidupannya masing-masing. Hingga pada akhirnya, dua sahabat saya khidmat berkarya di jalannya masing-masing. Yang satu bisa ditemukan sedang menyajikan kebahagiaan di sebuah kafe di sudut kota Yogya, dan yang satunya sedang membagi kebahagiaan lewat layar sinema.  Dan saya sendiri, saya memilih mengembara hingga saya ditemukan, entah oleh siapa, entah oleh apa.

Kepada mereka berdua, saya ucapkan banyak terima kasih. Semoga selalu menyebarkan kebahagiaan melalui jalan yang kalian pilih.

Sepertinya martabakasin sudah mencapai potongan martabaknya yang paling akhir. Karena semua sungkan untuk menghabiskan potongan terakhir, biar saya yang memakannya, membuang bungkusnya, dan terus mengingat-ingat seperti apa rasanya.

Semoga martabakasin kalian enak, ya!

Sampai jumpa!

Leave a Reply

