One Hundred Years of Solitude: Sebuah Review

“Because races condemned to one hundred years of solitude did not have a second opportunity on earth.”

Buku yang menceritakan perjalanan keturunan sebuah keluarga yang tak bisa lari dari takdirnya: solitude. Bukunya sangat ramai, lambat, dan penuh dengan orang dengan dua nama yang sama; Aureliano, Beuinda, Remedio, Amaranta Ursula, Aureliano Jose, dan lain lain. Perlu beberapa kali mengintip silsilah keluarga yang, untungnya, diberikan di awal buku.

Ketika mencapai pertengahan buku, rasanya sangat membosankan hingga membuat sedikit menyesal memilih buku tersebut dari rak perpustakaan kampus. Tapi setelah sampai pada akhir buku, saya rasa saya akan lebih menyesal jika tidak mengambil buku tersebut dari rak perpustakaan kampus.

Penuh dengan hal-hal magis seperti hantu, orang yang hidup kembali, ramalan, incest, cinta, pengkhiatanan, kutukan, dan kesendirian. Sumpah, asyik sekali. Entah kenapa membaca buku ini mengingatkan saya pada buku Eka Kurniawan yang berjudul “Cantik itu Luka”.

Bayangkan saja ada sebuah pasangan yang menikah namun tidak melakukan sex karena mereka masih memiliki hubungan darah dan tidak ingin memiliki anak dengan ekor babi. Singkat cerita, mereka akhirnya melakukan sex, berketurunan tanpa ekor babi, dan mendapatkan kutukan lain: kesendirian dan kegilaan hingga keturunannya yang terakhir. Meski begitu, takdir ekor babi tidak pernah lepas dari mereka. hehe hehe

Intinya, buku ini keren. Sudah, itu saja. Now, I don’t know how to live my life after I finished this book.

 

The first of the line is tied to a tree and the last is being eaten by the ants.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s