Tafsir Mimpi: Digigit Kelelawar di Tangan

Kisahnya, pagi ini saya bangun dengan ingatan tentang mimpi saya semalam. Mimpi itu cukup jelas dan nyata sampai-sampai saya bisa mengingatnya. Adegan yang saya ingat sederhana: saya berdiri di teras selasar kampus saya, menghadap ke barat, di malam hari, tiba-tiba seekor kelelawar hitam terbang memutar-mutar di depan saya, kemudian kelelawar tersebut terbang menuju muka saya dan saya melindungi diri dengan tangan kanan. Sialnya, kelewar tersebut menabrak punggung tangan kanan saya dan kemudian mengigitnya. Selesai

Jika boleh disingkat, keywords dari mimpi tersebut adalah: digigit kelelawar hitam di tangan.

Mimpi ini, menurut saya pribadi, memiliki kesan yang berbeda. Saya yang notabene pengunjung situs tetap primbon semasa sekolah dasar merasa ini adalah sebuah tanda, sebuah simbol, sebuah mimpi yang penuh dengan semiotik. Beberkal rasa penasaran sebagai primboners sejati, saya mengetikkan keywords yang sudah saya simpulkan dari mimpi saya tadi ke dalam mesin pencari di internet.

Berbagai jawaban muncul di halaman pertama mesin pencari. Sudah tabiat saya untuk menjadi pemalas dalam hal riset menggunakan mesin pencari. Oleh karena itu saya hanya membuka satu situs paling atas yang ditampilkan.

Pada situs tersebut, di awal artikel dituliskan kalimat-kalimat klise pembuka yang semua orang sudah tahu dan sebenarnya tidak informatif. Mungkin dituliskan hanya untuk strategi pengoptimalan mesin pencari sehingga situs tersebut muncul di halaman pertama ketika orang mengetikan keywords tertentu (hal ini terbukti, mengingat situs ini muncul di urutan pertama pada mesin pencari). Baru di tengah artikel saya menemukan apa yang saya cari.

Dalam sebuah tabel, situs tersebut mengatakan mimpi digigit kelelawar memiliki pertanda, “Nasib dan keuangan anda tidak akan memuaskan”. Jujur, saya kurang puas dengan pertanda tersebut. Seperti semua orang, saya hanya mau menerima informasi yang saya sukai. Nasib dan keuangan yang tidak memuaskan bukan favorit saya untuk pertanda sebuah mimpi. Oleh karena itu, saya mencoba mencari kelemahan pernyataan tersebut. Dan kelemahan tersebut saya temukan di daftar pertanda yang dituliskan oleh situs tersebut di bawah pertanda mimpi saya. Pertanda tersebut berbunyi “Mimpi Digigit Binatang Apa Saja”.

Pada mimpi digigit binatang apa saja, situs tersebut menuliskan bahwa hal tersebut merupakan pertanda akan disayang orang banyak. Padahal kelelawar merupakan binatang. Itu artinya situs tersebut memiliki inkonsistensi konten. Bagaimana mungkin saya yang bermimpi digigit kelelawar (yang mana kelelawar adalah binatang) akan mendapatkan nasib buruk sekaligus disayang banyak orang? Ataukah disayang banyak orang adalah nasib buruk? Saya rasa tidak.

Berdasar pada ketidakpuasan tersebut, saya menelusuri kembali mesin pencari untuk mencari jawaban yang lain. Dipertemukanlah saya dengan situs kedua yang (agak) lebih saya sukai.

Situs kedua mengatakan:

Arti mimpi tentang digigit kelelawar di tangan adalah Anda akan menemukan kebahagiaan yang datang dari orang lain, baik itu teman, sahabat atau dari seorang lelaki yang mencintai anda atau dari orang yang anda cintai

Oke. Mungkin situs kedua memberikan informasi yang lebih saya sukai. Tafsir mimpinya pun lebih bernada positif. Namun ada satu hal yang mengganggu. Semenjak membacanya, situs kedua memberikan efek yang lebih traumatik daripada situs pertama. Kenapa? Jujur saja, saya agak geli dengan lelaki yang mencintai saya. Terdengar tidak seharusnya. Ambigu.

Lah bayangke wae, dirimu adalah seorang mas-mas gondrong dengan ketulenan yang tidak patut untuk dipertanyakan. Masa suddenly, ujug-ujug, dicintai sama lelaki lain hanya karena mimpi digigit kelelawar di tangan? Cinta tak sesedarhana itu, Bro, siapapun kamu yang menulis artikel di situs tersebut. Percayalah.

Mungkin lebih baik saya tidak memercayai tafsir mimpi.
Atau saya harus membuka situs ketiga?
Wallahualam.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s