Who Told Who?

“Ah, kau kembali! Betapa senangnya!”

“Tentu saja! Bagaimana kabarmu?’

“Sejujurnya, aku sedang kelelahan disini. Masa depan yang tak tentu barang sehari saja membuatku cemas dan takut. Tapi aku ingin seperti mereka, yang selalu memasang senyum di setiap masalah. Juga mereka tak pernah menyimpan cemas dan takut di bawah kerah. Aku mencoba menjadi seperti mereka. Bukankah itu baik?”

“Kau itu lucu. Untuk itulah aku kembali menemuimu.”

“Kenapa?”

“Cobalah bicara pada pohon disana. Dia tidak berpura-pura buta terhadap daun-daunnya yang gugur. Tidak juga berpura-pura tuli perkara manusia di bawah sana sebentar-sebentar menebangnya satu dua. Dia melihat dan menyadari itu semua. Dia tidak membohongi dirinya bahwa mereka tidak ada. Dia hanya menerimanya.”

“Lalu?”

“Seperti biasa, kau selalu tergesa-gesa hingga memotong penjelasanku. Intinya, bukan untuk berpura-pura tersenyum dan menganggap keletihan dan ketakutan, bahkan kesedihan, tidak ada. Cukup menyadari bahwa letih, cemas, sedih, dan takut itu ada dan sambut mereka. Berikan jamuan terbaikmu. Jadikan lah mereka sahabatmu dan mulai berdamai dengan mereka. Singkirkan pandangan sinismu pada mereka. Tak hanya kekasihmu yang menginginkan belaian dari cintamu, mereka pun juga. Tidak ada yang suka untuk dinihilkan. Jadi, berdamailah dengan mereka, bukan membenci dan meniadakannya. Dengan begitu mereka nantinya akan membantumu menaikkan otot pipi kanan dan otot pipi kirimu itu tanpa harus kau pura-purakan seperti yang tadi kau sebut senyuman.”

“Kenapa kau baru kembali dan mengatakannya sekarang?”

“Aku bukan pergi kemana-mana. Aku selalu disini. Hanya kau saja yang terlalu sibuk dengan sibukmu. Kau biarkan pula sibukmu saling bercumbu dan beranak pinak bercucu cua sampai kau harus menafkahi mereka.”

“Begitu ya. Terimakasih kau sudah kembali dan mengingatkanku.”

“Tidak masalah. Lagi pula aku ini dirimu.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s