The Tiger and Me (part I)

Telah lama dikatakan bahwa setiap wanita hidup dengan seekor binatang bersama mereka. Mungkin saja seperti spirit animal, tetapi ini lebih tak kasatmata.Bisa saja buas, atau mungkin saja jinak nan penurut. Bisa saja seekor karnivor yang terbatas pada makanan daging, atau omnivor yang lebih terbuka pada banyak pilihan makanan. Sangat banyak kemungkinannya. Sayangnya, jarang sekali dapat mengetahui binatang dari seorang wanita dalam sekali atau dua kali jumpa.

Dan seorang lelaki dikisahkan memiliki berkah yang lainnya. Dia ditakdirkan untuk menjadi penghasil makanan bagi binatang para wanita. Tentu saja lazimnya binatang dari seorang wanita. Dia bisa saja menghasilkan rerumputan, bebuahan, atau dedagingan. Hal ini tergantung dari berkah yang dimiliki. Bahkan dalam beberapa kasus istimewa terdapat lelaki yang dapat merubah-rubah jenis berkah yang ia hasilkan. Jika tak bijak, lelaki seperti ini akan berbahaya berada di dunia.

Pernah beberapa kali disinggung bahwa dunia bertahan karena keseimbangan. Baik dan buruk, gelap dan terang, siang dan malam, dosa dan pahala, tuhan dan ciptaan. Pria dan wanita, sayangnya, juga demikian. Berkah mereka merupakan sebuah pola keseimbangan tersendiri. Mungkin lebih rumit daripada yang lain. Binatang yang dibawa sang wanita akan saling mengimbangi dengan berkah dari sang pria. Mereka saling bergantung dan saling menggantungkan. Menghidupi dan dihidupi.

Bagiamanpun juga, binatang sang wanita memerlukan berkah dari sang pria untuk bertahan hidup. Jika tidak, binatangnya akan mati dan wanita itu hanya akan menjadi mayat yang berjalan tanpa dikubur. Dan sang pria, tak kalah dilematis juga, bagaimanapun dia harus memberikan berkahnya kepada wanita. Sudah menjadi hukum alam bahwa berkah pria yang tidak diberikan kepada binatang wanita akan menjadi busuk, yang hilirnya akan menumpuk. Tak lebih baik dari wanita, pria yang seperti itu layaknya manusia yang menggendong tumpukan sampah bau kemana pun dia pergi. Pecundang.

***

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s