Ibu-ibu yang Memesan Ronde di Bunderan UGM dengan Mengenakan Helm

Malam itu saya sedang menghabiskan waktu bersama teman saya. Kami bingung mencari tempat duduk untuk mengobrol santai. Kemudian tercetus lah ide uentuk jajan ronde di dekat bunderan UGM.

Sampai disana, saya memarkirkan motor tepat di depan gerobak bapak penjual ronde. di sebelah kanan gerobak tersebut terdapat gerobak lain yang menjual kacang rebus dan juga jagung. Terpesanlah dua mangkuk ronde untuk kami berdua. Disusul dengan kami yang duduk di kursi plastik yang berlubang di tengah, berwarna biru atau hijau, entahlah saya lupa.

Tak berlama waktu, pesanan kami datang, berlanjutlah kami bercerita bla bla bla dan bli bli bli, kemana-mana dan kemini-mini. Beberapa saat obrolan kami, datang seorang ibu-ibu bersama anaknya datang untuk membeli ronde. Saya melihat beliau. Masih mengenakan helm sambil memesan, sepertinya ingin dibawa pulang. Ibu tersebut memesan agak banyak, dan ternyata memang benar untuk dibawa pulang. Ketika pertama kali mengucapkan pesanannya yang lumayan banyak dan penuh modifikasi ronde, ibu tersebut menggunakan tempo yang agak sedang cenderung cepat. Bapak ronde (bukan nama sebenarnya) terlihat tanpa respon. Sepersekian detik kemudian ibu itu mengulangi pesanannya lagi dengan tempo yang jauh lebih lambat, hampir seperti mengeja, dengan komposisi pesanan sama persis seperti sebelumnya.

Saya obrolkan kejadian ibu tadi kepada teman obrol saya. Saya beride bahwa ibu tersebut terkesan meremehkan bapak ronde dengan memelankan tempo bicaranya seputar pesannannya.

Teman obrol saya, dengan tidak menyetujui ide saya, beranggapan bahwa ibu itu bukannya meremehkan, beliau hanya menghindari kesalahan dalam berkomunikasi saja.

Ternyata saya suka menghakimi orang dari sudut pandang milik saya saja, pisuh saya pada diri sendiri. Jangan ditiru plis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s