sakit, saling menolong dan manusia (part 1)

“Sakit adalah bagian dari hidup. Terlalu banyak orang berpikir, jatuh sakit sesuatu yang salah.” – Ajahn Brahmvamso

Yap, default otak kita telah dirancang untuk berpikir bahwa kondisi wajar seorang manusia adalah sehat. Penyakit adalah suatu kelainan. Penyakit adalah suatu kehinaan. Penyakit adalah suatu kecacatan. Penyakit itu dilarang!

Coba kita pikir lagi, apa yang membedakan manusia dengan genteng? Saya rasa gentenglah yang seharusnya berpikiran bahwa penyakit itu tidak wajar. Walau genteng disengat panas dan dihujani dingin. Bagi manusia, sakit itu hal yang wajar. Penyakit itu diperbolehkan!

abandoned cinema 1
Persiapan produksi. Lokasi : Bioskop Permata.

Beberapa pekan lalu saya bertemu dengan penyakit. Pertemuan ini terjadi ditengah – tengah aktivitas saat menolong seorang kawan untuk memproduksi sebuah film pendek. Sakit itu berciri demam, pilek dan sakit kepala. Menyadari pertemuan itu, awalnya saya sempat menolak. Namun, Ia makin mengejar, semakin parah. Akhirnya saya tersadar, menyambutnya, dan mencoba memeluknya. Saya persilahkan rasa sakit hadir, menikmati tubuh saya, bersenang – senang dengannya. Di sisi lain saya mencoba memberi tubuh saya banyak air putih, vitamin c, dan tidur dengan irisan bawang merah di dekat kepala saya (cara ini berhasil pada kasus sebelumnya, tahun lalu), hal ini semata – mata untuk membuat tubuh saya kuat untuk bermain bersama sakit ini, ora nggo ngusir lho.

Hingga pada h-1 produksi, tubuh saya masih asyik bermain dengan sakit. Oke aku pasrah wae.

“Penyakit adalah pengingat bahwa ada sesuatu yang terlalu. Sakit adalah waktu untuk merenung. “

Notabene : Saya mulai menghindari mengkonsumsi obat – obatan yang bersifat antibiotik dan kimia sintetis lainnya (kecuali vitamin c) sejak 2011.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s